Evaluasi Diri Madrasah (EDM) 2020 MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) 2020 MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang

EDM MTs Nurmas

Bertempat di ruang guru MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang, pagi ini Rabu 24 Desember 2020 Pukul 08.00 WIB, para dewan guru dan tenaga kependidikan mengikuti kegiatan Evaluasi Diri Madrasah dengan serius tapi santai. Hal ini tampak dari pengamatan penulis ketika kepala madrasah memandu setiap daftar isian yang diselingi dengan kalimat-kalimat yang menimbulkan tawa atau senyuman.

Dalam pembukaannya, kepala MTs Putri Nurul Masyithoh yaitu Dra.Qurrotul A’yun, M.Pd menjelaskan bahwa ketika di KKM kabupaten ada sosialisasi EDM , penyelenggara menanyakan , “Apakah madrasah melakukan evaluasi madrasah?” Beliau menjawab tegas.” Ya, madrasah setiap tahun melakukan evaluasi.

Kemudian sang nara sumber bertanya lagi,”Kapan dilakukan EDM?” Dengan tegas beliau menjawab lagi bahwa EDM dilakukan setiap Juni dan penyusunan RKM pada bulan Juli. Ternyata jawaban tersebut salah. Dalam pelaksanaannya seharusnya EDM dilakukan bulan November paling lambat Desember karena mengikuti tahun anggaran.

Masih dalam penjelasannya kepala madrasah menceritakan bahwa ternyata banyak madrasah lainnya yang tidak melaksanakan EDM dan pembuatan RKM kebanyakan copy paste atau dilakukan secara kebutuhan saat berjalan. “Sedangkan MTs Putri selalu menggunakan Evaluasi dan RKM berdasarkan tahun ajaran bukan tahun anggaran. Untuk itu mulai saat ini kita akan melakukan EDM dan RKM sesuai dengan tahun anggaran,”sambungnya lagi menutup pengantarnya dalam kegiatan Evaluasi Diri Madrasah MTs Putri Nurul Masyitoh Lumajang pada hari Rabu, 24 Desember 2020.

Setelah melakukan isian yang mencerminkan kegiatan madrasah selama tahun 2020, Kepala Madrasah memberikan apresiasi kepada ibu Dra.Zubaedah karena ketelatenannya dalam membimbing para siswi dalam pembelajaran. Beliau juga dengan teratur serta tertib selalu mengunjungi perpustakaan dan mengakses buku-buku untuk para anak murid. Dan hampir semua guru mengakui bahwa beliau adalah guru yang mengedepankan pekerjaan daripada kata-kata. Sedikit berkata banyak bekerja dan beribadah istilah yang tepat untuk beliau. Karena menurut pengakuan salah satu guru yang tidak mau disebutkan namanya beliau selalu memberi teladan dengan selalu datang awal di madrasah ,mengajak siswi yang sudah datang untuk sholat dhuha bersama, dan selalu menjalankan ibadah puasa sunnah Senin dan Kamis.

Berita terkait  Dokumentasi PTS Kelas 7 dan 8 dan Ujian Praktik Kelas 9 Semester Genap 2022-2023

Menurut pengamatan penulis Madrasah Unggul, Hebat dan Bermartabat bukan slogan semata bagi MTs Putri Nurul Masyithoh yang memiliki semboyan pembelajaran “SANG JUARA” ini. Karena prestasi madrasah tidak hanya dilakukan dengan kekuatan fisik saja tapi juga kekuatan rohani para civitas academika warga madrasahnya. (auth. Tri Hastari SSB)

*********(#TAGUR30 DAY 28 : Lumajang, 24 Desember 2020)

Artikel ini telah diterbitkan di media online Gurusiana.id dengan Judul: EVALUASI DIRI MADRASAH berikut original article link: https://trihastarissb.gurusiana.id/article/2020/12/evaluasi-diri-madrasah-2022426?ba_status=not-logged&bima_access_status=not-logged#.X-RHMtFSoNs.whatsapp