NPSN 20581373
NSM 121235080001
Jl. Kapten Kyai Ilyas No. 16, RT. 01/RW. 07 Tompokersan, Lumajang, Lumajang
+62334882458

PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH MTS PUTRI NURUL MASYITHOH LUMAJANG 2020

PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH MTS PUTRI NURUL MASYITHOH LUMAJANG 2020

 

PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) MTS PUTRI NURUL MASYITHOH LUMAJANG  TAHUN 2020

pkkm mts putri nurul masyithoh lumajang

Gb. PKKM MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang

MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang (08/09/20)- Langkah cepat diambil oleh segenap crew MTs Putri Nurmas untuk menyikapi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahun 2020 ini, di tengah situasi Pandemi COVID-19. Selasa tanggal 8 September 2020 Pukul 07.30 Pengawas Madrasah Drs. Ahmad Junaedi, M.M dan Drs. Djatto, M.M., hadir di Ruang Kepala Madrasah, seraya crew MTs Putri Nurmas langsung sigap menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut beliau berdua.

PKKM adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan.

Dasar hukum sebagai petunjuk teknis pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah tersebut adalah SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah yang kemas oleh Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah. Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi :

  • Usaha pengembangan madrasah,
  • Pelaksanaan tugas managerial
  • Pengembangan kewirausahaan
  • Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan
  • Hasil kinerja kepala madrasah

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai perempat tahun sekali yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik, dan hasilnya digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan, pemberian reward dan punishment, perencanaan, pemberian konpensasi dan motivasi.

Pelaksanaan PKKM diawali acara pembukaan dan sambutan kepala madrasah Ibu Dra. QURROTUL A’YUN, M.Pd dengan mengucapakan selamat datang dan permohonan maaf atas segala kekurangan serta memohon arahan dan bimbingan dari Pengawas.

Berita terkait  SCOUT MASPUMA Mengukir Juara menjadi "SANG JUARA"

Dilanjutkan dengan kata sambutan Bapak Pengawas yang pertama yaitu Drs. Djatto, M.M beliau memberikan gambaran umum terkait penilaian kinerja kepala madrasah dan mengapresiasi segala upaya yang dilakukan oleh segenap dewan guru dan tenaga kependidikan yang sudah bekerja melayani siswi di tengah pandemi COVID-19. Sambutan kedua oleh Drs. Ahmad Junaedi, M.M, beliau juga memberikan motivasi dan semangat kerja dan pengabadian dalam melayani siswi, di sisi lain beliau juga memberikan gambaran terkait tindak lanjut PKKM yaitu Akreditasi berbasis virtual. “Untuk akreditasi yang akan datang bukan lagi berkas yang ada di atas meja  yang dijadikan acuan dalam menilai kinerja madrasah melainkan melalui penilai yang kompleks berbasis virtual dan visitasi langsung, virtual dilakukan dengan survey terhadap kinerja madrasah melalui pantauan website madrasah dan visitasi langsung di madrasah sebagai crosscheck terhadap data administrasi virtual dan bukti nyata di madrasah” ungkapnya.

Tepat sekitar Pkl. 11.00 WIB, pelaksanaan PKKM selesai, tentu hati lega dan senyum bahagia terpancar di semua dewan guru, 3 jam waktu yang terasa penuh makna sejak dalam menjalani kegiatan PKKM tersebut, memberikan pengalaman berharga untuk bekal manajeman madrasah kedepan yang lebih baik.

Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah 

Madrasah Hebat Bermartabat

MTs Putrin Nurul Masyithoh terus mengembangkan Karakter “SANG JUARA” dengan terus berusaha lebih baik lagi baik dalam hal keadministrasian maupun performance dalam melayani peserta didik. (admin)